Membuat Jaringan Komputer LAN untuk 2 Laptop

Sumber: www.AnneAhira.com

Membuat sebuah jaringan memang bukan masalah masalah yang mudah. Diperlukan pengetahuan dan keterampilan jaringan komputer LAN yang cukup untuk hanya menyambungkan jaringan ke dalam dua buah laptop saja. Namun, mari kita sederhanakan kesulitan tersebut dengan langkah-langkah yang akan kita paparkan di bawah ini.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat sebuah local area network (LAN) untuk dua buah laptop. Mengapa demikian? karena kita sering kali menemukan permasalahan dengan teman atau kerabat kita saat kita ingin sharing data, print, maupun modem dari laptop yang satu ke laptop yang lainnya.

Baiklah, berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat sebuah jaringan LAN pada dua buah laptop. Namun sebelumnya ada beberapa hal yang mesti Anda pahami dulu.

A. Pengertian Local Area Network (LAN)

Local Area Network adalah Jaringan lokal pada sebuah area tertentu yang berguna untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lainnya. Hal ini dapat dilakukan untuk area satu kantor atau satu gedung guna mendapatkan kemudahan ketika sharing data, print dan penggunaan jaringan internat.

Secara umum Local Area Network (LAN) terbagi menjadi dua tipe antara lain:

  • Jaringan peer to peer, yaitu setiap komputer yang terkoneksi kepada jaringan dapat berstatus sebagai server maupun workstation. Komputer yang terkoneksi dapat berjumlah dua atau lebih;
  • Client-server, yaitu setiap komputer yang terkoneksi kepada jaringan yang satu berstatus sebagai server sedangkan yang lain sebagai workstation.

Untuk kedua tipe jaringan tersebut terdapat keunggulan dan kelemahan masing-masing.

B. Alat dan Bahan Pembuatan LAN

Untuk membuat sebuah jaringan yang menghubungkan dua buah laptop tentunya diperlukan alat dan bahan yang berkaitan dengan jaringan. Alat dan bahan tersebut adalah sebagai berikut.

Alat:

  1. Tang Crimping/Tang UTP untuk memasangkan konektor RJ45 pada kabel UTP.
  2. Tester LAN untuk mengecek susunan kabel yang terpasang.
  3. Tang pemotong kabel/gunting.

Bahan:

  1. Kabel UTP sepanjang 1 m – 2 m atau bahkan bisa lebih tergantung kebutuhan.
  2. Konektor RJ45 (Registered Jack 45)
  3. Laptop

C. Pembuatan Kabel LAN tipe Peer to Peer

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan kabel peer to peer jenis Cross-Over

  1. Kelupas ujung kabel luar sepanjang 2 cm.
  2. Susunlah warna dari kedua ujung kabel. Contohnya ujung A dan ujung B. Ujung A: Putih Orange, Orange, Putih Hijau, Biru, Putih Biru, Hijau, Putih Coklat, Putih. Ujung B: Putih Hijau, Hijau, Putih Orange, Biru, Putih Biru Orange, Putih Coklat, Coklat.
  3. Potong lurus atau rapikan kabel yang telah disusun dengan tang pemotong/ gunting.
  4. Masukan kabel yang telah rapi ke dalam konektor RJ45, kemudian gunakan tang Crimping untuk menjepit kabel tersebut. Perhatikan posisi kabel saat memasukkan ke dalam tang Crimping, posisi kaitan pada konektor RJ45 harus berada di bawah. Supaya lebih kuat kabel kulit UTP harus ikut masuk supaya kabel UTP dapat terjepit dengan kuat dan tidak mudah goyang.

D. Setting IP Address

Setelah menyelesaikan pembuatan kabel LAN, sekarang kita setting alamat atau IP Address kedua laptop. IP Address adalah alamat yang diberikan kepada sebuah jaringan komputer dengan menggunakan protokol TCP/ IP. Penulisan IP Address dipisahkan dengan tanda titik. Untuk melakukannya ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka menu control panel kemudian pilih menu Network Connection.
  2. Klik kanan Local Area Network kemudian pilih properties, akan muncul kotak dialog Internet Protocol (TCP/ IP) Properties.
  3. Setelah itu isi IP Address pada laptop pertama dengan 192.168.1.1 dan laptop kedua 192.168.1.2
  4. Pada kolom Subnet Mask isilah dengan angka 255.255.255.0
  5. Klik OK

E. Berbagi Data

Sampai dengan langkah tersebut, laptop Anda telah dapat berhubungan satu dengan yang lainnya. Nah, untuk sharing/ berbagi data dari kedua laptop tersebut Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini pada salah satu laptop yang akan melakukan sharing data.

  1. Buka Windows Eksplorer
  2. Klik kanan folder yang hendak Anda sharing kemudian pilih sharing and security
  3. Akan muncul kotak dialog sharing and security. Setelah itu Klik kalimat “If you understand the security risks… “. Kemudian pilih “Just enable file sharing”.
  4. Selanjutnya klik “Share this folder on the network” dan beri nama, misalnya data sharing.
  5. Klik OK.

Pada laptop B untuk mengakses data tersebut, yaitu dengan cara sebagai berikut.

  1. Buka windows eksplorer
  2. Pada Address Bar, ketikkan IP Address laptop A, yaitu //192.168.1.1
  3. Akan muncul folder “data sharing” yang ingin anda pindahkan datanya.

Nah, Mudah bukan cara membuat jaringan komputer Lan untuk menghubungkan dua buah laptop. Selamat Mencoba!!

About these ads